Skip to content
Home ยป Cara Membuat Video Tidak Goyang

Cara Membuat Video Tidak Goyang

Apakah Anda sering merekam video dengan ponsel Anda, namun hasilnya seringkali goyang? Hal ini bisa sangat mengganggu bagi penonton video Anda, terutama jika video tersebut berisi informasi penting atau hiburan. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah video yang goyang ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Stabilkan Kamera

Pertimbangkan untuk menggunakan tripod atau gimbal untuk merekam video yang lebih stabil. Kedua alat ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas video Anda dengan membuatnya tidak goyang. Anda juga bisa menggunakan bantalan atau lengan yang stabil untuk menempatkan ponsel Anda agar tidak mudah bergetar saat merekam. Dengan menggunakan tripod atau gimbal, maka kualitas video Anda akan terlihat lebih baik.

2. Periksa Pencahayaan

Pencahayaan yang buruk bisa menyebabkan video Anda terlihat buram atau goyang. Jadi, sebelum merekam pastikan Anda memiliki pencahayaan yang cukup. Pastikan ruangan atau tempat yang Anda gunakan untuk merekam video cukup terang, sehingga penonton bisa melihat gambar dengan jelas. Jangan juga merekam di tempat yang terlalu terang karena itu akan membuat gambar terlihat silau dan sulit dilihat.

3. Periksa Fokus

Pastikan fokus pada objek video Anda stabil agar tidak goyang. Cobalah untuk memfokuskan kamera pada objek yang Anda inginkan sebelum merekam. Jangan merekam dalam keadaan fokus yang buruk karena hal itu akan membuat video Anda terlihat tidak jelas. Periksa juga apakah ponsel Anda memiliki fitur fokus yang dapat membantu menghasilkan gambar yang lebih jelas dan stabil.

4. Gunakan Stabilizer Internal

Banyak ponsel modern saat ini memiliki stabilizer internal yang dapat membantu mengurangi goyangan pada video. Fitur ini dapat diaktifkan melalui setting kamera Anda, dan akan membantu meningkatkan kualitas video Anda. Namun, pastikan untuk memeriksa apakah ponsel Anda memiliki fitur ini sebelum merekam agar Anda dapat memanfaatkannya.

5. Periksa Kecepatan Shutter

Kecepatan shutter yang terlalu rendah bisa menyebabkan video Anda menjadi lambat atau blur. Pastikan Anda menggunakan kecepatan shutter yang tepat saat merekam video agar hasilnya terlihat lebih cepat dan jelas. Biasanya kecepatan shutter 1/60 detik dianggap sebagai kecepatan yang ideal untuk merekam video.

Kesimpulan

Dalam menghasilkan video yang berkualitas, kestabilan video merupakan faktor yang sangat penting. Walau banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya goyangan pada video, tetapi dengan langkah-langkah di atas, Anda tentu bisa menghasilkan video yang lebih stabil dan berkualitas. Dengan menggabungkan beberapa teknik di atas dan eksperimen, Anda bisa membuat video yang tak hanya berkualitas tinggi, tapi juga stabil, sehingga memikat penonton untuk terus menonton video Anda. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda membuat video yang lebih baik!