Skip to content
Home ยป Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

Jika Anda sering menghadapi masalah di mana jendela Windows Explorer tiba-tiba berhenti bekerja, maka Anda mungkin merasa sangat frustrasi. Windows Explorer adalah aplikasi sistem penting yang terpasang secara default di sistem operasi Windows. Masalah ini dapat terjadi pada berbagai versi Windows, termasuk Windows 7, 8, dan 10. Jika masalah ini terus berlanjut, Anda dapat mengambil beberapa tindakan yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Artikel ini menjelaskan beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi masalah "Windows Explorer has stopped working" di Windows.

Langkah 1: Restart Windows Explorer

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencoba untuk me-restart Windows Explorer. Jika masalah ini terjadi karena kesalahan sementara atau kegagalan sistem yang kecil, maka me-restart Windows Explorer dapat membantu memperbaikinya. Ada beberapa cara untuk melakukan ini.

  1. Menggunakan Task Manager: Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc atau Ctrl+Alt+Del pada keyboard bersamaan untuk membuka Task Manager. Cari Windows Explorer dalam daftar proses. Klik kanan pada proses tersebut dan pilih opsi "Restart".

  2. Menggunakan Run Box: Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka kotak perintah "Run". Ketik "explorer" dan klik OK untuk me-restart Windows Explorer.

  3. Me-restart Windows Explorer dari Command Prompt: Buka Command Prompt dan ketik "taskkill /f /IM explorer.exe" untuk menghentikan Windows Explorer. Setelah itu, ketik "start explorer.exe" untuk me-restart Windows Explorer.

Langkah 2: Scan Sistem dengan Antivirus

Jika me-restart Windows Explorer tidak membantu, maka masalah ini bisa disebabkan oleh virus atau malware di sistem Anda. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa sistem Anda bersih dari virus dan malware dengan menjalankan pemindaian antivirus. Anda dapat menggunakan program antivirus bawaan, seperti Windows Defender, atau program antivirus pihak ketiga seperti Avast, AVG, atau Norton.

Pastikan pemindaian antivirus mencakup seluruh sistem operasi, termasuk sistem file dan registry. Kunci adalah menemukan dan menghapus virus atau malware yang mungkin menjadi penyebab masalah ini. Jika antarmuka pengguna Windows Explorer berhenti terus-menerus, ada kemungkinan besar bahwa virus atau malware menyerang sistem Anda.

Langkah 3: Memperbarui Driver Hardware

Jika masalah ini terus berlanjut bahkan setelah me-restart Windows Explorer dan memindai sistem Anda dengan antivirus, maka kemungkinan besar masalah ini disebabkan oleh driver hardware yang usang atau rusak. Anda harus memperbarui driver hardware untuk memperbaiki masalah ini.

Untuk memperbarui driver hardware, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis dan versi driver hardware yang saat ini diinstal di sistem Anda. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuka "Device Manager" dan mencari perangkat yang mengalami masalah. Kemudian, kunjungi situs web produsen perangkat tersebut dan cari driver terbaru untuk perangkat tersebut. Unduh driver yang sesuai dengan sistem operasi Anda dan instal di komputer.

Langkah 4: Menonaktifkan Fitur Efek Visual

Jika masalah ini masih ada bahkan setelah mencoba tiga langkah di atas, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menonaktifkan efek visual di Windows. Efek visual seperti aero glass, transparansi, dan animasi dapat membuat antarmuka pengguna Windows tampak lebih menarik, tetapi fitur ini dapat memakan banyak sumber daya sistem dan menyebabkan masalah dengan Windows Explorer. Untuk menonaktifkan efek visual, lakukan langkah berikut:

  1. Klik kanan pada "This PC" dan pilih "Properties".

  2. Pada menu "Advanced system settings", pilih tab "Advanced".

  3. Klik tombol "Settings" di bawah "Performance" dan pilih "Custom".

  4. Uncheck semua opsi kecuali opsi "Smooth edges of screen fonts" dan "Use visual styles on windows and buttons".

  5. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah "Windows Explorer has stopped working" di Windows. Anda dapat mencoba setiap langkah satu per satu dan melihat apakah masalah teratasi. Jika masalah ini masih berlanjut, Anda dapat mencari bantuan dari teknisi komputer yang profesional atau forum pengguna Windows untuk mendapatkan solusi yang lebih spesifik. Penting untuk diingat bahwa dengan melakukan backup data secara teratur dan menjaga sistem Anda tetap up-to-date, Anda dapat menghindari masalah semacam ini dan menjaga sistem Anda tetap stabil dan berkinerja tinggi.